Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Berita Terkini

latest

Demo Pimpinan Kampus, BEM UNM Tuntut UKT Gratis dan Pertanyakan Sisa Anggaran Semester Genap !

PointSulsel.com - Para Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali melakukan aksi unjuk rasa dengan membawa sejumlah tuntutan, Senin...

PointSulsel.com - Para Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali melakukan aksi unjuk rasa dengan membawa sejumlah tuntutan, Senin (8/6/2020).


Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam aksi bersama Badan Eksekutif Mahasiswa UNM (BEM-UNM) menuntut di gratiskannya biaya (UKT) semester mendatang (Ganjil) bagi para mahasiswa.

BEM-UNM juga mempertanyakan terkait sisa anggaran untuk Semester ini (Genap). Dimana perkuliahan yang harus terhenti di tengah jalan akibat Pandemik Covid-19 mewabah.

Sehingga para Demonstran menuntut adanya tranparansi terkait anggaran yang tersisa selama aktivitas akademik dihentikan. Tercatat ada sekitar 54,6 Milliar sisa anggaran berdasarkan LAPKIN 2018.

Berangkat dari data tersebut BEM-UNM bersama BEM Fakultas-Fakultas yang ada menuntut para pimpinan kampus agar UKT Semester Ganjil akan datang, itu digratiskan.

Selain atas dasar itu, BEM-UNM juga menjelaskan sebanyak 83% orang tuas mahasiswa mengalami penurunan pendapatan selama mewabahnya Covid-19, banyak orang tua mahasiswa yang terpaksa dirumahkan dan di PHK.

Melihat juga komoditas pertanian anjlok karena permintaan ekspor menurun drastis sehingga banyak Petani (rata-rata profesi orang tua mahasiswa) tidak berpenghasilan.

Belum lagi penangguhan cicilan macam kredit Bank/Leasing tidak berlaku secara universal dan pekerja Informal seperti driver Ojol juga mengalami penurunan penghasilan yang signifikan sekitar 60% hingga 70%.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, BEM-UNM berharap pihak pimpinan kampus dapat menindak lanjuti tuntutan para mahasiswa. Bahkan apabila tidak ada tindak lanjut BEM-UNM memastikan akan terus menggelar aksi Demontrasi dengan skala massa yang lebih besar.


Demo mahasiswa sempat mendapat tindakan represif dari pihak pimpinan kampus, kendati demikian, para mahasiswa akhirnya dapat menyelesaikan aksi demo dengan tertib dan kondusif.

Tidak ada komentar