Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Berita Terkini

latest

50 Anggota DPRD Kota Makassar Sepakat Untuk Alihkan Dana Reses Untuk Tanggap Covid-19

POINTSULSEL.COM - Pasca ditetapkan sebagai zona merah atau pusat penyebaran Covid-19 Kota Makassar di Sulawesi Selatan kali ini Anggota DP...

POINTSULSEL.COM - Pasca ditetapkan sebagai zona merah atau pusat penyebaran Covid-19 Kota Makassar di Sulawesi Selatan kali ini Anggota DPRD langsung melakukan pertemuan untuk membahas pengalihan beberapa anggaran.



Melalui data Gugus Tugas Covid-19 SulSel menyatakan bahwa per Jumat (10/4/2020), jumlah ODP di Makassar adalah 473 orang, PDP 171 orang, dan 84 orang positif terinfeksi korona.

Beberapa hal baru kemudian muncul diantaranya adalah orang miskin baru mulai muncul karena dampak pandemi ini. DPRD Kota Makassar kemudian mewacanakan untuk ikut membantu masyarakat, termasuk Anggaran Reses 50 legislator yang nilainya miliaran rupiah akan dialihkan untuk menangani Corona telah memasuki tahap baru.

Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar Wahab Tahir menekankan bahwa semua Fraksi telah sepakat untuk mengalihkan dana reses untuk tanggap darurat korona di Makassar.
"Semua fraksi sepakat untuk dialihkan ke co-19 anggaran tanggap darurat," Wahab menjelaskan yang kami lansir dari laman Fajar.co.id, Jumat (10/4/2020) malam.
Sebelumnya, Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo juga menyepakati hal ini. Menurut dia dalam pandemi Corona, kegiatan reses tidak lagi mengumpulkan pola, tidak ada sewa tempat, atau bahkan penyewaan tenda tenda.

"Kami hanya menggunakan anggaran makanan dan minuman yang digunakan sebagai kebutuhan dasar, anggaran transportasi peserta diganti dalam bentuk barang, misalnya masker, handset dan kebutuhan lain yang memiliki efek jelas 19. Jadi, kami akan terus menerapkan jarak fisik, "kata politisi Nasdem.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Makassar, Adi Rasyid Ali. Menurut dia, Fraksi Demokrat sepakat bahwa penggunaan dana reses sebesar Rp105 juta per legislator akan lebih berguna untuk membantu orang-orang yang terkena dampak wabah korona.
"Fraksi Demokrat memulai untuk mengalihkan anggaran reses ke bahan makanan untuk orang yang membutuhkan," simpul ARA.
Pemindahan dana reses bagi anggota dewan untuk menangani virus korona juga ditanggapi secara positif oleh Sekretaris Komisi D DPRD Makassar, Sahruddin Said. Politisi PAN ini menganggap masyarakat saat ini lebih membutuhkan dana ini untuk meringankan beban ekonomi mereka.
"Anggaran reses sebesar Rp 105 juta per anggota harus dihabiskan untuk paket belanjaan. Jika dana dihitung, Rp 105 juta itu senilai 1.400 paket sembako," jelasnya.
Sedangkan untuk masalah teknis, reses anggaran untuk 50 legislator Kota Makassar nantinya akan dikelola oleh Dinas Sosial. Pihak-pihak terkait ini nantinya akan menyalurkannya langsung ke orang-orang yang membutuhkannya

Tidak ada komentar